Sinergi Mahasiswa Universitas Brawijaya dan TPS Tumpang Lestari dalam Pengoptimalan Limbah Organik

  • Dec 12, 2023
  • TUMPANG.TUMPANG

mengutip dari kompasiana.com

Desa Tumpang merupakan desa yang bertempat di Kabupaten Malang lebih tepatnya berada di Kecamatan tumpang. Desa tumpang terkenal dengan masyarakatnya yang memiliki mata pencaharian sebagai seorang petani, pedagang, dan peternak. 

Hal ini tentunya berdampak besar pada sampah yang dihasilkan oleh masryarakat desa Tumpang tersebut. Banyaknya sampah limbah organik menjadi masalah tersendiri bagi TPS yang berada didesa Tumpang dikarenakan sampah tersebut bisa dibilang memiliki nilai jual yang rendah dibandingkan dengan sampah Anorganik. Hal inilah yang menjadi permasalahan di Desa Tumpang ini.

Pada 3 Juli 2024, kami berkesempatan mengunjungi TPS 3R Tumpang Lestari yang berada di Dusun kebonsari, Desa Tumpang. TPS tersebut merupakan tempat terkumpulnya sampah dari keenam dusun yang berada di Desa Tumpang. 

Berdasarkan wawancara dari Bapak Ghofar selaku pengelola TPS Tumpang Lestari mengatakan jika sampah yang dihasilkan tiap harinya bisa sampai 7 Ton sampah yang mana sebagian besar sampah tersebut merupakan sampah organik mengingat sebagian besar mata pencaharian masyarakt tumpang sendiri peternak, petani, dan pedagang.

Adanya sampah organik yang besar ini menjadi sumber masalah sekaligus sumber penghasilan tambahan bagi TPS Tumpang Lestari. Mengingat TPS Tumpang Lestari memiliki peternakan maggot sebagai seumber penghasilan tambahan. 

Maggot disini diberi makan limbah organik yang dihasilkan oleh masyarakat tumpang. Dalam pembudidayaan maggot pak Ghoffar memiliki sebuah kadang khusus untuk lalat bsf (black soldier fly) yang dilengkapi dengan alat untuk memonitoring kandang tersebut untuk memberikan hasil yang maksimal. 

Dengan adanya lalat bsf ini membuat TPS Tumpang Lestari ini tidak ada lalat hijau atau serangga pembawa penyakit seperti layaknya tempat pembuangan akhir. Menurut Pak Ghoffar lalat bsf ini memiliki kemampuan unik untuk menanadai wilayah atau teritorrinya sehingga serangga lain tidak mau memasuki territori lalat bsf ini. 

Dalam pembudidayaan maggot ini dapat dilakukan panen tiap minggunya. Yang menjadi masalah adalah pemilahan antara sampah organik dan anorganik di TPS ini yang masih manual sehingga terbatas oleh tenaga dan waktu. Hal ini tentunya berdampak pada perkembangan dari maggot itu sendiri yang bisa jadi butuh waktu lebih lama karena proses pemilahan yang terbilang cukup lambat.

Produk dari maggot pada TPS Tumpang Lestari ini bisa berupa produk jadi untuk pakan ikan maupun dalam bentuk larvanya. Pembuatan produk jadinya memerlukan pemanasan dengan menggunakan microwave untuk menghilangkan kadar airnya namun tetap mempertahankan kandungan gizinya dengan waktu kurang lebih 7 menit. 

Maggot memiliki banyak kandungan yang sangat beguna bagi manusia maupun hewan, penelitian yang dilakukan dibeberapa negara menunjukan maggot bisa digunakan sebagai skincare atau untuk memutihkan tubuh dan juga mempercepat penyembeuhan luka.

Keterlambatan tersebut sebagain besar karena masyarakt tumpang sendiri kurang memiliki kesadaran dalam melakukan pemilihan sampah antara organik dan anorganik. 

Berakar dari masalah tersebut kami mengusulkan kepada pihak TPS Tumpang Lestari sebuah aplikasi bernama GoodFarm.GoodFarm merupakan aplikasi karya Mahasiswa Universitas Brawijaya yang bertujuan untuk menghubungkan antara pihak yang memerlukan sampah organik dengan masyarakat. Nantinya GoodFarm ini diharapkan akan menghubungkan antara warga tumpang dengan TPS Tumpang Lestari itu sendiri. 

Aplikasi ini saat ini memiliki fitur jemput dan angkut untuk sampah organik. Fitur jemput berarti pengguna akan meminta petugas untuk mengambil sampah organik yang berada di rumahnya sedangkan fitur angkut pengguna akan memberikan sampah organiknya ke tempat TPS. 

Penggunaan aplikasi ini diharapkan agar masyarakat desa Tumpang mampu memilah sendiri sampah organik dan anorganiknya agar ketika berada di TPS lebih mudah melakukan daur ulangnya.

Selain itu, pada aplikasi ini juga akan diberikan poin-poin jika pengguna menyetorkan sampahnya kepada TPS yang telah terdaftar. TPS Tumpang Lestari merupakan salah satu mitra yang nantinya akan bekerja sama, disini ketika poin-poin telah mencapai nilai tertentu maka pengguna akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh TPS tersebut.